Paparan Makalah SIMANTIF pada Forum Ilmiah APSI
Makalah Ilmiah Gagasan SIMANTIF sebagai upaya peningkatan kinerja sekolah dalam pemenuhan SNP

By Mukhlis, S.Pd., SE, M.Si 27 Mar 2021, 08:55:55 WIB Metropolitan
Paparan Makalah SIMANTIF pada Forum Ilmiah APSI

Gambar : Paparan SIMANTIF


Forum Ilmiah APSI Pusat ke XLI tanggal 26 Maret 2021 kembali menampilkan 4 pemakalah terpilih dari seluruh wilayah Indonesia. Mukhlis, S.Pd., SE, M.Si pengawas sekolah SMA Dinas Pendidikan Aceh wilayah kerja Kabupaten Aceh Barat yang juga sebagai Ketua MKPS SMA/SMK merupakan salah satu pemakalah yang diberi kesempatan tampil pada sesi kedua dengan judul malakah "SIMANTIF upaya meningkatkan kinerja sekolah dalam memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP)".

SIMANTIF merupakan akronim dari Supervisi Mananajerial Kolaboratif. Kolaboratif menurut Lindeke dan Sieckert (2005) adalah suatu tindakan yang  dilakukan dalam  bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik individu, lembaga dan atau pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat. Pengawas sekolah pembina bersama dengan rekan-rekan pengawas yang tergabung dalam forum MKPS menganalis capaian pemenuhan SNP tahun sebelumnya sehingga teridentifikasi standar/aspek/sub aspek yang masih kurang atau belum memenuhi standar yang ditetapkan. Dari hasil identifikasi, muncul gagasan agar untuk perbaikan perlu pendampingan secara bersama-sama karena dipastikan adanya disparitas kompetensi masing-masing pengawas sekolah, sehingga bila dilakukan secara bersama-sama (kolaborasi) akan saling menutupi kelemahan dan memberi nilai tambah berupa tindakan yang bervariasi dalam mencari solusi dan perbaikan capaian. Pelaksanaan supervisi manajerial kolaboratif  melewati sepuluh tahapan yaitu : mengidentifikasi, merefleksi awal, menyajikan, klarifikasi, pemecahan masalah, menguatkan, negosiasi, standarisasi, dan meringkas rencana akhir.

Paparan makalah ilmiah gagasan SIMANTIF mendapat sambutan luar biasa dari 193 peserta forum Ilmiah yang ditandai dengan antusiasnya peserta dalam  mengajukan pertanyaan. Sebagian besar peserta menyatakan sangat bermanfaat paparan ini, hal ini terekan dalam fitur chating maupun tanggapan langsung peserta yang berkesempatan bertanya.

Capaian kinerja sekolah merupakan prestasi yang cicapai sekolah baik akademik maupun non akademik dengan standar ukur pada SNP. Untuk meningkatkan capaian yang belum terpenuhi perlu kolaborasi antara pengawas sekolah, kepala sekolah dan staf sekolah lainnya sehingga proses perbaikan lebih efektif, demikian kesimpulan dari pemakalah.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1686 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment